Sebelum memulai setting limitasi
bandwidth queue tree kita harus tahu dulu bahwa
settingan untuk membagi bandwidth tersebut terbagi ke dalam dua tata cara garis
besar (settingan), yaitu :
a. Setting Mangle, termasuk di dalamnya membuat ping stabil.
b. Setting Queue Tree
Pertama adalah melakukan setting mangle (untuk membuat ping stabil)
1. SETTING MANGLE
Setting mangle difungsikan untuk menangkap semua traffic
/koneksi client satu persatu. Ulangi rule
ini sesuai dengan banyaknya client yang
tersedia. Setting mangle terdir i dari settingan mark packet dan mark
connection.
1.1).
MEMBUAT MARK CONNECTION
Ø Selanjutnya
membuat mark connection untuk setting
ping stabil yaitu dengan memilih [IP > FIREWALL > MANGLE].
Ø Lalu pilih
[Add/+ ] = General
Ø isikan kolom CHAIN =
PREROUTING
Ø PROTOCOL =
ICMP (Internet Control Message Protocol.)
Selanjutnya setelah dari tab Ganeral pindah ke tab Action ,
Ø pada kolom action kita pilih : Mark
Connection ,
Ø pada New Connection Mark : PING_STABIL
(karna kita ingin
membuat ping stabil dulu sebelum membuat mangle
buat
client/pc yang akan dilimit)
Ø Passthrough=yes (checklist). Kemudian apply , OK.
Mark connection untuk ping stabilpun telah jadi.
1.2). MEMBUAT
MARK PACKET
Selanjutnya kita buat mark packet untuk
ping stabil, untuk mark packet pengaturan pada
tab menu general sama saja dengan pengaturan pada mark
connection .
Ø Add (+)
Ø Pada kolom Action =
MARK PACKET ,
Ø pada kolom New
Packet Mark = PING_PACKET,
Ø Passthrough = no (checklist). Kemudian apply
, OK.
Mark Packet untuk pingstabilpun telah jadi.
Ping stabil sendir i berfungsi untuk me ngkondisikan proses ping saat koneksi padat pada pemakaian kita. Ber ikut contoh jalan atau tidaknya proses tersebut :
1.3. MEMBUAT MARK CONNECTION UNTUK SETIAP CLIENT.
Untuk konfigurasi mark packet dan connection
setiap client yaitu dengan cara :
Ø
Klik IP _FIREWALL >
MANGLE > ADD/+ > GENERAL]
Ø
pada kolom Chain = forward
.
Ø Selanjutnya tab Action = Mark
Connection,
Ø pada kolom
New Connection Mark = Client
(*hanya sekedar menandai bahwa yang sekarang
di buat adalah mark connection yang pertama)
Ø Passthrough = yes (checklist). Kemudian apply,
OK.
Mark
connection Client/PC1 pun telah jadi.
1.4. MEMBUAT MARK PACKET UNTUK CLIENT/PC-1
Selanjutnya kita buat Mark Packet untuk Client/PC1, untuk mark packet pengaturan
sebagai berikut :
Ø Pada tab menu General kita isi kolom chain = forward.
Ø Pada kolom dst. address =
IP address client yang kita tuju ex: 192.168.3.6
Ø dan pada Connection Mark = Client
(sesuai dengan yang telah kita buat
pada pengisian new
mark connection
dalam pembuatan mark connection).
Ø Selajutnya pada tab action dan pada kolom
action = Mark Packet,
Ø pada kolom
New Packet Mark diisi
: Packet_1
(*hanya sekedar
menandai bahwa yang sekarang di buat adalah mark packet yang pertama),
Ø Passthrough= no (checklist). Kemudian klik apply , OK.
Mark connection Client/PC 1 pun telah jadi.
Sementara
pada pengaturan client/pc yang lain juga sama
seperti setting an mangle diatas tergantung kebutuhan
kita mau buat mangle berapa banyak.
2. SETTING QUEUE TREE
Manfaat queue
tree apabila kita download dengan jumlah
komputer misal ada
empat dan bandwidth 1M maka setiap komputer tersebut
akan mendapat bandwidth sama rata, bila hanya satu
komputer yang download maka semua bandwidth akan digunakan olehnya.
Ø Masuk winbox [Queues
_Queue Tree > add/+].
Ø Klik ADD > New Queue masih default
(bawaan).
Ø Name = Parent, Parent
= global
Ø Packet Mark= PING_PACKET (sesuai yang telah
kita buat pada setting mangle pertama),
Ø Queue type = default , priority = 8, max limit = 1M.
Selanjutnya seting untuk PC_1
Ø Klik Queues
Ø Klik Queues Tree : Klik Add ( + )
Ø Tulis Nama :
PC_1
Ø Parent : parent
Ø Packet mark :
Packet_1
Ø Limit at : 256k
Ø Max limit :
256k
Untuk PC-PC
selanjutnya settingannya sama dengan settingan queue PC_1 bedakan “ name, packet mark (sesuai mangle
), priority diurut saja.
Sehingga dapat diperoleh hasil seperti ini.
Sehingga dapat diperoleh hasil seperti ini.
Semua settingan telah selesai sekarang
setiap Client/PC dapat download tanpa berebut bandwidth.
No comments:
Post a Comment